SBY “ Lurah Pemimpin Terdepan


PRESIDEN RI SUSILO BAMBANG YUDHOYONO DI JEC JOGJA

MAJALAHBURUNGPAS.COM, Kepala Desa (Kades) dalam struktur orangisasi kepemerintahan selama ini dipandang sebagai jabatan terendah.

Karena di atas Kades ada bupati/walikota, gubernur hingga presiden, Namun menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kades merupakan pempimpin terdepan.

“Saya tegaskan di sini bahwa jabatan kepala desa bukanlah pemimpin terendah, akan tetapi kades adalah pemimpin terdepan. Jabatan Kades sama dengan presiden, gubernur dan bupati/walikota” tegas SBY yang disambut seluruh Kades yang hadir dalam Rakernas Apdesi II di JEC 24/03/2014.

Lebih jauh SBY mengatakan kalau Negara ingin maju bukan dimulai dari pemerintah propinsi dan kabupaten.

Kemajuan suatu Negara harus dimulai dari desa, Karena pada dasarnya ujung tombak kemajuan ada di desa oleh sebab itu kesejahteraan juga harus dibangkitkan dari desa.

Selama hampir sepuluh tahun menjabat presiden, banyak keberhasilan yang telah dicapai di desa. Pembangunan serta kesejahteraan masyarakat desa telah mengalami peningkatan.

“Saya sering blusukan ke desa-desa. Saya orang-orang yang tinggal desa telah memiliki HP dan sepeda motor. Hal ini merupakan indikasi adanya kesejateraan di desa” imbuh SBY.

SBY menambahkan dengan program-program yang sudah berjalan selama kepemimpinannya, kemajuan bangsa telah tercapai. Program pembangunan melalui PNPM Mandiri mampu meningkatkan pembangunan infrastruktur desa.

Sementara kesejahteraan warga juga mengalami peningkatan karena rakyat miskin tertolong ada program raskin (beras bagi rakyat miskin). Oleh karenanya SBY pun berharap agar program yang berhasil ini terus dipertahankan.

“Dan dengan UU Desa yang PP telah saya tanda tangani, maka kesejahteraan desa dan pembangunan desa akan mengalami peningkatan.

Karena desa akan mendapatkan gelontoran ada yang diambilkan dari APBN sebesar Rp 1,3 miliar, Selain itu desa juga akan mendapatkan dana dari anggaran yang berasal dari APBD propinsi maupun kabupaten” pungkasnya. anjar

Sharing Berita

Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi