Derkuku putri mandi berbulu hijau dan menarik, paruh merah


BURUNG DERKUKU PUTRI MANDI BERBULU UNIK HIJAU DAN PARUH MERAH

Redaksi-majalahburungpas.com, burung derkuku masih kerabat derkuku yang lainnya sehingga meskipun ada burung yang memiliki bentuk serta corak bulu berbeda tetapi itu masih satu jenis atau satu kerabat.

Meski masih satu kerabat, namun burung derkuku seperti yang di tayangkan ini juga jenis burung derkuku yang layak untuk di lestarikan.

Keelokan burung ini memiliki paruh berwarna merah, leher berbulu coklat sedang bulu badan ada warna hijau keemasannya, kemudian di kepala ada warna abu - abu dan mengkilat, sedang ekornya juga warna abu-abu kehitaman tapi pendek.

Fostur tubuhnya memang agak pendek dari derkuku Jawa dan kelantan sehingga gerak - geriknya juga lebih lincah.

Burung derkuku putri mandi ini, menurut pemiliknya Suharto Jombang Purworejo Jateng, di namai Derkuku putri mandi karena, dulu hidup dan suka mencari air di dekat orang atau sumber air dan saking kerapnya ketemu di dekat air maka banyak orang putri melihat keunikan burung derkuku itu, sehingga di namai putri mandi, Demikian kata Suharto, ketika memberikan informasi seputar derkuku unik kepada media majalahburungpas.com.

Karena masih langka dan unik maka saya ternak agar dapat berkembang biak meski saya hanya memiliki 3 ekor burung di tambah derkuku seberang yang berekor lebih panjang " Ujar kembali. red"

Sharing Berita

Berita Terkait


16 Komentar


ege
21 June 2013

bedain jantan dan betinanya gimana om??

Balas
gatot
19 July 2013

ada rekaman suaranya nggak om?, tlg di email ke saya ya, karena hari ini saya baru nangkep tu burung

Balas
ray
17 October 2013

Ini derkuku hijau putri mandi atau punai tanah? bagaimna bedainnya

Balas
piut
13 December 2013

As wr wb kalo didusunku namonyo burung punai

Balas
Dero
03 January 2014

Di kampung saya namanya MANUK LIMUKEUN (Burung Limukeun) ada juga yang hijau seperti ini namanya SI UTUN, yah ternyata jauh berbeda dgn bahasa nasional. Masih banyak di kampung kami burung seperti ini.

Balas
jay jaya
03 August 2014

saya punya burung putri mandi (biasanya penjual burung) disebut juga punai tanah (di sumatera) atau derkuku/tekukur hijau (di jawa) atau delimukan (di buku tentang burung), kalau malam hari terlihat hampir mirip dengan tekukur biasa bila digabung dengan tekukur. Beda jantan dengan betina, yang betina warna putih hampir menghiasi kepalanya, sedangkan yang jantan tidak (namun ada yang menyebut sebaliknya, saya tidak bisa menentukan mana yang benar, karena sepasang burung itu keburu dicuri orang, sebelum bertelur.

Balas
mas yon
19 July 2015

saya punya koleksi burung ini... 3o ekor ,rencana mau saya lepas ,ke alam lagi,saya beli dari pasar burung

Balas
mas yon
19 July 2015

saya punya koleksi burung ini... 3o ekor ,rencana mau saya lepas ,ke alam lagi,saya beli dari pasar burung

Balas
imron
26 August 2015

mas, saya beli burung puter hijaunya boleh ? mau saya ternakkan, trim

Balas
yoto
15 December 2015

Saya juga punya 3 ekor posisi saya di banjarmasin kal-sel, setau q yang kepala ada mahkota putih itu yg jantan

Balas
mas yoto
15 December 2015

Saya jg punya 3 ekor jantan 2 betina 1, setau q yg ada mahkota putih di kepala itu yg jantan, posisi saya di banjarmasin kal-sel

Balas
mas yoto
15 December 2015

Saya juga punya 3 ekor

Balas
imam
30 December 2015

derkuku ijo itu brasal dari daerah mana awalnya, , di daerah saya gak ada jombang surabaya jatim, saya beli di orang 1ekor katanya derkuku bali ,saya cari di internet gak ada adanya muncul ini, mungkin burungnya gak terlalu populer sulit di ternak, burung ini di silang ama merpati bisa gak biar unik,

Balas
ani pasya
26 March 2016

Burung putri pakanx ap y...bingung nih...kasi beras ketan hitam nd mw...ksi pisang jg nda mw makan

Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi