Situs purbakala Seyegan beragam arca dapat di saksikan


Foto lokasi penampungan cagar Situs purbakala seyegan sleman

Majalahburungpas.com halaman wisata candi dan purbakala, DIY  merupakan salah satu pusat kebudayaan  di Indonesia, yang memiliki kekayaan warisan budaya yang beraneka  ragam  cagar budaya yang bergerak maupun tidak bergerak, yang banyak tersebar  di  sejumlah wilayah Diy.

Untuk mengantisipasi agar  benda cagar budaya tersebut  agar aman dan tidak di curi orang yang tak bertanggung jawab, maka di lakukan pengamanan  penyelamatan benda cagar budaya di balai pelestarian peninggalan purbakala.

Salah satu Arca terbesar (BCB)

Di kabupaten Sleman ada tiga temapat BCB yaitu Seyegan, Mlati, dan Turi.
Sedang untuk di Seyegan   merupakan tempat  penampungan situs purbakala, Lokasi ini dekat pinggir jalan raya  menuju Tempel.

Lokasi situs ini menempati luas tanah sekitar  lebih kurang  500 meter persegi yang membentuk berbentuk kotak segi empat membujur ke utara dengan tata kelola lokasi yang apik dan di terdpat rumput yang sangat teratur selain juga di jaga oleh petugasnya.

Dalam lokasi Benda Cagar Budaya (BCB)  Seyegan tersebut menurut data di buku di lokasi, situs yang berada di Seyegan  di inventaris tahun 1998, sedang heriventarisasi baru di laksanakan tahun 2004.

Penampungan BCB  di Seyegan ini  terdata   94 buah, yang terdiri  benda cagar budaya seperti  Arca budha, Yoni, Batu candi, Nandi, arca hewan, lapik arca, batu, kemuncak, antefik, Jaladwara, Peripih,Lingga semu, Arca nandi, arca durga Mahisa suramardhini, Arca ganesa,  dan lain lain.

 Nah bagi yang kepengin berkunjung di situs ini lokasinya mudah di jangkau. Pur/Ap /Fd

Sharing Berita

Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi